Kamis, 13 Juni 2013

Mengapa kasus bank century sulit dibongkar ?

Masalah dana talangan Bank Century senilai Rp6,7 triliun tidak diragukan lagi merupakan tindakan kriminal. Hal tersebut sudah tergambar jelas dari hasil audit sementara Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Tidak diragukan lagi kalau itu adalah tindakan kriminal," kata mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier dalam Seminar Membedah Kabinet Ekonomi SBY-Boediono, di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (23/10/2009).

Walau demikian, hal tersebut nampaknya akan susah untuk dibongkar. Pasalnya, masalah Century tersebut merupakan masalah politis. Apalagi, kasus ini mengarah ke Wapres Boediono dan Menkeu Sri Mulyani.

"Kalau dibuka bisa saja, tapi tidak di pemerintahan yang sekarang ini. Mungkin di pemerintahan masa selanjutnya," ucapnya.

Menurutnya, memang ada invisible hand yang mengatur agar masalah ini tidak menjadi masalah pidana. Apalagi, anggota BPK sekarang ini banyak yang bermasalah, dan umumnya merupakan politisi dari Partai Demokrat.

Menurut saya mengapa kasus korupsi sulit di bongkar karena kurang ketegasan dan lemahnya hukum di indonesia membuat kasus korupsi sulit di bongkar dan juga di brantas. Ada faktor lain juga yang membuay kasus korupsi susah di bongkar adanya keterkaitan koruptor dengan petinggi-petinggi di negara ini membuat kasus korupsi menjadi berantai sehingga satu sama lain memiliki kunci untunk menggertak dan juga menutup mulut satu sama lain.

Coba anda bayangkan bagai mana seorang narapidana koruptor bisa jalan-jalan keluar sel bahkan keluar kota,juga memiliki fasilitas hotel bintang lima di dalam selnya. Di butuhkan seaeorang yang memiliki jiwa seperti munir untuk bisa membongkar dan memberantas korupsi di Indonesia.

Banyak juga kasus-kasus korupsi yang di tutup-tutupi bahkan di biarkan terbengkalai menunggu hilang di makan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar