Selasa, 29 November 2011

Perkembangan Bisnis Online

Bisnis online, pengertiannya adalah bisnis yang dilakukan secara online di internet, semua transaksi jual beli dilakukan secara online. Baik penjual maupun pembeli melakukan transaksi secara online.
Bisnis online mekanismenya sama dengan bisnis offline, bedanya tempat kegiatannya saja. Kalau kita ibaratkan, bisnis online itu tempatnya di dunia maya, sedangkan bisnis offline itu tempatnya di bumi, seperti kegiatan sehari-hari pada umumnya. Prinsip-prinsip bisnisnya sama antara bisnis di dunia maya dengan bisnis di bumi. Begitu juga persyaratan-persyaratan dalam menjalankan bisnis online tidak berbeda dengan bisnis offline.
Mungkin kata bisnis online sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena transaksi online atau yang biasa di sebut e-commerce sudah menjadi era dan trend saat ini.
perkembangan e-commerce di tandai dengan bertumbuhnya situs jual beli di tambah dengan marak nya istilah startup yang dipakai oleh kaum muda di indonesia untuk memulai bisnis berbasis internet.
Di indonesia mencari referensi kebutuhan barang atau jasa dilakukan melalui media internet,, data spire menunjukkan 90% orang mencari referensi/informasi melalui rekomendasi dari orang yang mereka kenal, sementara sejumlah 10% merupakan opini atau testimoni mereka saja.
Dari data yang ditelusuri spire, dalam melakukan transaksi online, 40% merupakan rekomendasi dari rekan,teman,maupun komunitas-nya,, hal ini disebabkan lehliterasi terhadap teknologi internet itu sendiri, semakin tinggi pengetahuan konsumen atas teknologi transaksi online,, semakin tinggi pula tingkat kepercayaan untuk bertransaksi,, lalu di ikuti dengan pencarian independen melalui search engine sebesar 38% dan 22% yang langsung menuliskan alamat UR-nya di browser. Dalam media bertransaksi di indonesia hampir74% orang memilih kaskus karena selain kaskus sudah tedapat lebih dari 3 juta user/komunitas,, kaskus pun menjadi salah satu media online shop yang mendapat kepercayaan dari para konsumen.
Pasar 250 juta jiwa, dengan 15-20% menyentuh internet, menjadikan indonesia sebagai market yang sangat potensial. namun di sisi lain, tidaklah mudah untuk mengembangkan bisnis disni.
Membangun kepercayan merupakan modal penting dalam proses ekspansi jalur ini. 
pasar yang besar di dukung dengan media promosi dan pemasaran produk yang tepat, serta menjadi penjual yang terpercaya .
tentu nya menjadi tantangan tersendiri bagi kesuksesan di dunia e-commerce. 
Perkembangan bisnis online setiap saat semakin menunjukan peningkatan positif. Pada kegiatan berbisnis secara online ini tidak perlu diragukan lagi. Prospek bisnis online masih sangat menjanjikan. Mengingat jumlah pengguna internet setiap harinya semakin bertambah. Seiring berkembangnya zaman, maka banyak sekali orang yang menggunakan internet sebagai sarana untuk berbisnis.
Pada pertengahan tahun 2007, perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia kurang lebih 18-20 juta user. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hingga pada tahun 2010 diperoleh data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bahwa pengguna internet sudah mencapai angka 45 juta. Pertumbuhan jumlah pengguna internet di tahun 2011 juga diprediksikan akan mengalami peningkatan yang sangat baik, bahkan para pengamat memprediksikan tahun ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 50 juta orang.
Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, memberikan keuntungan besar bagi seseorang yang melakukan bisnis online. Sebab dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka peluang besar mereka pun semakin terbuka lebar. Tak heran jika belakangan ini, banyak orang yang mencoba peruntungan mereka dengan membuka berbagai peluang bisnis melalui dunia maya.
Sekarang ini, bukan hanya penguasa internet seperti google dan facebook saja yang bersaing melakukan inovasi-inovasi baru untuk meramaikan pasar internet. Para pemula juga mulai bermunculan dengan membawa konsep bisnis yang beragam, untuk membidik sasaran pasar tertentu. Tentu hal tersebut akan mewarnai persaingan bisnis online di tahun 2011 ini.
Ada beberapa hal yang mendukung perkembangan bisnis online di tahun 2011. Berikut ini tiga hal yang mendukung tentang perkembangan bisnis secara online:
1.      Jumlah pengguna internet yang terus meningkat selama beberapa tahun ini. Hal tersebut menjadi ladang empuk bagi para pelaku bisnis online, sebab semakin banyak orang menggunakan internet artinya pasar dunia maya juga makin terbuka. Hal ini bisa dilihat dari terciptanya pasar potensial di facebook, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna situs jejaring tersebut.
2.      Daya beli konsumen melalui internet juga mengalami peningkatan. Ini merupakan awal yang sangat baik, karena kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online menjadi modal utama seseorang agar sukses menjalankan bisnis online.
3.      Perkembangan teknologi saat ini membuat internet bisa diakses dengan mudah dan murah. Bahkan kini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat, bukan hanya bisa diakses melalui komputer saja. Tapi internet sudah bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui ponsel.
Ketiga hal di atas akan sangat mendukung perkembangan bisnis online di tahun 2011. Lalu, bagaimana cara kita bisa memanfaatkan prospek bisnis yang semakin bagus? Berdasarkan sumber yang saya baca, berikut ini saya akan memberikan informasi tentang tips dan trik yang dapat kita coba :
  • Buat produk atau jasa yang banyak dibutuhkan masyarakat, di tahun 2011. Misalnya saja membuat ebook bisnis, video tutorial, atau memberikan informasi-informasi yang up to date dan banyak dicari masyarakat. Ini menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen mengunjungi bisnis online yang kita buat.
  • Kita bisa menggunakan fasilitas media online seperti blog, website dan situs jejaring sosial yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sebagai pasar potensial. Banyak orang betah berlama-lama membuka situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter, kondisi ini bisa kita manfaatkan untuk memasarkan produk guna meningkatkan penjualan melalui online. Jika perlu buatlah tampilan blog dan website semenarik mungkin, agar konsumen tertarik untuk berkunjung.
  • Bukan hanya bisnis offline saja yang membutuhkan promosi, bagi “bisnis online” adanya promosi juga sangat penting. Mungkin bisa mencoba beberapa strategi promosi yang sudah pernah dibahas, pada artikel cara jitu mempromosikan blog.
  • Ciptakan peluang bisnis online yang belum ada di tahun sebelumnya. Masih banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan dari bisnis online. Yang terpenting, sebagai pelaku bisnis online harus jeli dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Karena kebutuhan mereka, bisa menjadi peluang bisnis baru bagi kita.

sumber :
http://muliardybanun-online.com/apa-yang-dimaksud-dengan-bisnis-online
http://gustav-econimics.blogspot.com/2011/08/kunci-mengembangkan-bisnis-online.html
http://bisnisukm.com/prospek-bisnis-online-tahun-2011.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar